Minggu, 10 Januari 2016

Belajar Dasar Microcontroller


Buat pemula yang ingin memulai belajar microcontroller  seringkali merasa tdk tahu harus mulai dari mana .
Kalau memungkinkan anda bisa mengikuti kursus kursus dasar , jika tidak memungkinkan sebenarnya anda bisa belajar sendiri karena belajar microcontroller tidaklah terlalu sulit.
Sekarang sudah banyak buku buku dasar microcontroller berbahasa indonesia dan cukup mudah dimengerti. Selain itu juga sudah banyak website yang memberikan tutorial mikrokontroller / microcontroller dan contoh contoh membuat aplikasi microcontroller.

Beberapa tips untuk pemula yang ingin mempelajari microcontroller  :

1.  Bacalah  buku  atau artikel dasar microcontroller  dan pemrograman dasar C

2. Pilihlah /tetapkan salah satu jenis microcontroller yang anda sukai ( saran saya AVR atmega8535 atau atmega16 ).

3. Pilih bahasa pemrograman untuk membuat program microcontroller (saran saya gunakan bahasa C).

4. Jika  anda sudah sedikit mengerti berlatihlah membuat program yg paling sederhana dengan bahasa C. ( saran saya  sering-sering  latihan dan bertanya dengan orang yng sudah mengerti , bertanya ke saya juga boleh :-).

5. Belilah modul microcontroller  tsb dan  dowloader / programmernya yaitu alat untuk memasukan program ke microcontroller.(saran saya  AVR ISP USB dowloder)

6. Jika anda belum memungkinkan membeli modul microcontroller yg siap pakai, anda bisa menggunakan Simulator (misal proteus).

7. Download software/IDE  untuk pembuatan program microcontroller.  (saran saya gunakan codevision karena kemudahanya atau  AVR studio   )

selain cara diatas ada cara lebih mudah dan hemat waktu untuk belajar microcontroller secara mandiri yaitu melalui video tutorial.

Selmat Belajar!
Harley Daoelay

0 Comments:

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar..!