Minggu, 19 Januari 2020

Kontak NO (Normally Open) dan NC (Normally Closed)

Dalam Ilmu Kelistrikan, hal yang paling dasar untuk di ketahui adalah Kontak NO dan NC, apa itu NO dan NC? Mimin kasih contoh yang paling sederhana dan paling umum di temui di sekitar kita, apakah sobat bloger tau atau kenal dengan yang namanya Saklar? Yups.... saklar buat nyalain lampu di rumah sobat, pasti punya kan?

NO (Normally Open)

NO atau Normally Open Jika diartikan secara bahasa berarti Terbuka (Terputus) dalam Posisi Normal, jadi dalam hal ini Perangkat NO atau Normally Open akan selalu terbuka (Terputus) dalam Posisi Normal atau sebelum ada tindakan, Contoh sederhana saja, Lampu di rumah kita di kontrol oleh yang namanya Saklar, dan pada umumnya saklar di rumah rumah Mempunyai kontak NO, ketika saklar di tekan atau di pindah posisikan dari status OFF ke ON maka akan mebuat lampu menyala, artinya kontak NO tadi akan berubah status menjadi ON dan membuat rangkaian jadi Terhubung sehingga lampu jadi menyala.

NC (Normally Close)

NC atau Normally Close adalah kebalikan dari NO (Normally Open) dan Jika diartikan secara bahasa berarti Tertutup dalam Posisi Normal, jadi dalam hal ini Perangkat NC atau Normally Close akan selalu tertutup (Terhubung) dalam Posisi Normal atau sebelum ada tindakan, Contoh nya dalam sebuah saklar yang mempunyai kontak NC yang mengontrol sebuah lampu, ketika saklar di tekan atau di pindah posisikan dari status OFF ke ON maka akan mebuat lampu mati, artinya kontak NC tadi akan berubah status menjadi OFF dan membuat rangkaian jadi Terputus sehingga membuat lampu jadi padam.

Sekedar tambahan Saja, Kontak NO Dan NC banyak macamnya, yang membedakan hanya pemicunya saja, seperti misalnya Timer, Saklar, Kontaktor, TDR dan Masih banyak lainnya dan untuk penjelasan dari alat tersebut mimin bahas lain waktu :)

Semoga postingan ini bisa menambah ilmu dan pengetahuan sobat semua, dan Mohon Maaf jika bahasanya agak membingungkan, maklum aja mimin bukan Pujangga yang bisa merangkai kata-kata.... Heheh :)

Semangat Belajar !
Harley Daulay

0 Comments:

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar..!