Selasa, 07 Januari 2020

Membuat Gambar atau Grafik Di VB6



Membuat Grafik  di Visual Basic 6 Tidak begitu sulit. VB6 memberi Anda fleksibilitas dan kekuatan untuk membuat aplikasi grafis dalam langkah-langkah mudah. VB6 Kaya akan fitur yang berhubungan dengan grafis. Metode & properti  memungkinkan Anda untuk menggunakan fitur-fitur ini dengan cara paling efektif.

Dalam tutorial ini, kita belajar tentang berbagai metode grafis, properti, dan teknik. Metode dan properti grafik memungkinkan Anda melakukan beberapa operasi grafis. Lebih khusus lagi, memungkinkan Anda untuk menggambar titik, garis, lingkaran, persegi panjang, elips dan bentuk lainnya. Anda juga akan belajar cara menampilkan teks dan gambar.

Tutorial ini untuk pelajar pemula. Jadi konsep disajikan dengan cara yang paling sederhana. Contoh kode telah di tes dan berjalan dengan baik.

Graphic Method

Metode grafis memungkinkan Anda untuk menggambar pada formulir dan kontrol PictureBox. Dalam Visual Basic 6, metode grafis hanya didukung oleh objek bentuk dan kontrol PictureBox. Namun, versi Visual Basic yang lebih baru memungkinkan Anda untuk menggunakannya dengan objek dan kontrol lain.

Pertama-tama, metode grafis di bagian ini hanya dibahas untuk memberi Anda ide dasar tentang mereka. Kemudian dalam tutorial ini, saya akan menunjukkan kepada Anda bagaimana menggunakannya dalam kode Anda untuk melakukan operasi tertentu seperti mencetak teks, menggambar bentuk dll.

Metode grafis umum dijelaskan di bawah ini.

Print :
Adalah metode grafis paling sederhana dalam Visual Basic 6. Metode ini telah digunakan di seluruh versi bahasa sebelumnya. Ini mencetak beberapa teks pada formulir atau pada kontrol PictureBox. Dan biasanya dipakai untuk Menampilkan Text.

Cls: 
Metode Cls adalah metode grafis sederhana lain yang digunakan untuk menghapus permukaan formulir atau kontrol PictureBox. Jika ada beberapa teks, Anda dapat menggunakan metode Cls untuk menghapus teks. Ini membersihkan semua gambar yang dibuat dengan metode grafis.

Point:
Metode Point mengembalikan nilai warna dari gambar untuk piksel pada titik tertentu. Metode ini umumnya digunakan untuk mengambil nilai warna dari bitmap.

Refresh: 
Metode refresh menggambar ulang kontrol atau objek. Dengan kata lain, itu menyegarkan kontrol. Umumnya, kontrol di-refresh secara otomatis sebagian besar waktu. Tetapi dalam beberapa kasus, Anda perlu menyegarkan tampilan kontrol secara manual dengan secara eksplisit menggunakan metode Refresh.

PSet:
Metode PSet mengatur warna piksel tunggal pada formulir. Metode ini digunakan untuk menggambar poin.

Line: 
Metode Line menggambar garis. Dengan menggunakan metode Line, Anda juga dapat menggambar bentuk geometris lainnya seperti persegi panjang, segitiga, dll.

Circle: 
Metode Lingkaran menggambar lingkaran. Dengan menggunakan metode Circle, Anda juga dapat menggambar bentuk geometris lainnya seperti elips, busur, dll.

PaintPicture:
 Metode PaintPicture menampilkan gambar pada formulir saat run-time.

TextHeight: 
Metode TextHeight mengembalikan ketinggian string pada formulir saat run-time.

TextWidth: 
Metode TextWidth mengembalikan lebar string pada formulir saat run-time.

Fungsi LoadPicture

Fungsi LoadPicture memuat gambar ke formulir atau ke kontrol PictureBox. Ini mengatur gambar ke kontrol untuk menampilkannya. Fungsi mengambil path file sebagai argumen. Fungsi LoadPicture memungkinkan Anda untuk mengatur gambar pada saat dijalankan.

Contoh:

Code:
Picture1 = LoadPicture(“C:\MyPic.JPG”)
Di sini, Picture1 adalah kontrol PictureBox. Ketika kode ini dieksekusi gambar diambil dan diatur ke kontrol PictureBox. Jika Visual Basic tidak dapat menemukan gambar di lokasi yang ditentukan, maka akan muncul error run-time ‘53’.

Fungsi RGB

Fungsi RGB mengembalikan integer, kode warna yang digunakan untuk mengatur warna dalam kode Visual Basic. Kode warna RGB adalah kombinasi warna merah, hijau dan biru. Simak contoh berikut untuk memahami fungsi RGB di VB6.

Code:
Form1.BackColor = RGB (120, 87, 55)
Warna RGB diatur sebagai warna latar belakang objek formulir. Argumen pertama, kedua dan ketiga mewakili warna merah, hijau dan biru. Nilai warna adalah bilangan bulat. Nilai-nilai ini berada dalam kisaran 0 hingga 255. Jadi, Anda dapat menggunakan nilai apa pun antara 0 dan 255 untuk mendapatkan warna.

Bersambung ..... :)



0 Comments:

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar..!